Soto Daging Madura

Soto daging madura

Sedikit cerita dulu ya.. pernah beberapa tahun yang lalu dolan ke Sumenep untuk kerjaan. Kebetulan ada teman juga disana. Beberapa hari nginap dirumah teman, lidah selalu dimanjakan sama masakan khas Sumenep.

Nah saat mau pulang, diajaklah keliling sebentar untuk kulineran. Pas ditanya pingin nyoba apalagi, tiba-tiba kepikiran pingin makan Soto Daging Madura, karena memang suka banget sama masakan ini.

Bayanganku waktu itu Soto Daging Madura yang di Surabaya aja enak, apalagi ini di Maduranya sendiri. Ternyata oh ternyata *halah :D pas udah sampe di warungnya, Soto Daging Madura yang disajikan ga sesuai sama imajinasi heboh sebelumnya.

Jadi kata temenku waktu itu, soto daging madura memang seperti ini. Soto dagingnya itu pakai lontong, kuahnya dikasih santan dan ada sedikit cambah kecil kalau ga salah ingat. Yaaa, mau ga mau dimakan lah, untung lumayan enak dan bisa diterima lidah :D

Kalau Soto Daging Madura resep yang mau dibagi ini, juga punya cerita sendiri. Soto Daging Madura masakan mama udah dikenal enak di komplek perumahan dan keluarga besar. Jadi kalau ada tetangga atau keluarga yang punya hajatan, mreka selalu pesen Soto Daging Madura ke Mama. Cucok meong katanya.

Nah.. karena resep udah dicatetin, aku sang anak juga ga mau kalah dong ya, akhirnya nyoba masak Soto Daging Madura pakek resep mama dan alhamdulillah kata mama “enak nduk” :D. Gak tau yak ini mujinya karena anak sendiri atau memang benar-benar enak *hahaha.

Yang mau nyoba resep Soto Daging Madura ini , cus dipraktekin. Mudah dan ga ribet kok bikinnya. Untuk isian soto, selain pakek daging bisa juga ditambah jeroan (kata orang jawa) seperti hati, usus, babat dan paru. Tapi kali ini aku pakai daging sapi, babat dan paru untuk bahan sotonya.

Soto Daging Madura

Bahan :

  • 250 gr daging sapi, rebus lalu iris sesuai selera dan sisihkan air kaldunya
  • 100 gr babat , rebus lalu potong-potong
  • 100 gr paru, rebus lalu iris tipis
  • ½ sdm beras, rendam dalam air sebentar sampai empuk, lalu tiris
  • 6 buah udang , goreng
  • 3 lbr daun jeruk
  • sedikit daun bawang, iris
  • 1 ltr campuran air dan kaldu rebusan daging

Bumbu :

  • 10 Siung Bawang Putih (iris tipis, goreng)
  • 8 Buah Bawang merah
  • Jahe 1 jari kelingking
  • Kunir 1½ jari kelingking
  • Sedikit gula
  • Secukupnya garam
  • Kaldu sapi bubuk

Pelengkap :

  • Telur rebus
  • Jeruk nipis
  • Bawang goreng
  • Sambal

Cara Memasak:

  1. Haluskan bumbu-bumbu bersama beras yang sudah direndam terlebih dahulu dan juga udang goreng sampai lembut.
  2. Rebus campuran air dan kaldu daging sampai mendidih, lalu masukkan isian soto (daging,paru,babat).
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk rata lalu rebus sebentar bersama daging dan isian lainnya.
  4. Masukkan daun jeruk, daun bawang, setelah itu masukkan garam, kaldu sapi bubuk dan sedikit gula, aduk rata kembali dan icip rasa.
  5. Tunggu beberapa menit, lalu masukkan daun seledri dan rebus lagi sampai daging dan isian yang lain benar2 telah masak.
  6. Sajikan Soto Daging Madura bersama bawang goreng dan jeruk nipis.
vote data
comments powered by Disqus