Masjid Suci Denpasar

Masjid Suci Denpasar Tampak Depan Masjid Suci Denpasar Tampak Depan

Masjid Suci berada di Jalan Pulau Buru Denpasar Bali, yang bisa ditempuh dari arah Jalan Dipenogoro menuju arah Jalan Nusakambangan. Masjid ini berada di kawasan padat pemukiman sehingga lahan parkir yang dimiliki masjid ini sangat sempit.

Masjid yang telah mengalami renovasi ini memiliki bangunan bertingkat dengan tiga lantai. Lantai satu dan dua bisa digunakan untuk ibadah sholat, sedangkan di lantai tiga terdapat TPQ untuk sarana belajar mengajar Al Qur’an. Uniknya di Masjid Suci, bedug yang digunakan sebagai penanda awal sebelum azan berada di lantai dua tepat di luar ruangan masjid.

Tempat Wudhu
Tempat Wudhu

Tempat wudhu pria dan wanita terpisah dan letaknya berada di bawah tangga luar yang menuju ke lantai dua. Di sebelah tempat wudhu pria ada spot yang saya suka, yaitu taman kecil yang ditata sangat asri. Walaupun Masjid Suci ini tidak memiliki sisa halaman yang tersedia, tetapi adanya taman kecil ini yang diatur sedemikian rupa semakin menambah keindahan bangunan masjid.

Taman Masjid Suci Taman Masjid Suci

Mimbar terdapat di lantai satu. Area sholat di lantai satu terdiri dari area sholat pria dan wanita yang telah diberi pembatas. Tangga menuju ke area sholat lantai dua bisa di akses dari tangga luar yang berada di luar bangunan masjid atau tangga dalam di lantai satu.

Mimbar Lantai Satu Mimbar Lantai Satu
Area Sholat Wanita Area Sholat Wanita
Area Sholat Lantai Dua Area Sholat Lantai Dua

Di dalam ruangan masjid lantai satu ini juga terdapat ruang sekretariat masjid. Selain TPQ, Masjid Suci juga menyelenggarakan program kegiatan lainnya seperti Pendidikan Diniyah Takmiliyah serta Pondok Pesantren bagi anak-anak dan remaja.

Kantor Sekretariat Masjid Kantor Sekretariat Masjid
Program Kegiatan Masjid Program Kegiatan Masjid

Hal yang sangat menarik ketika saya sholat di Masjid Suci adalah papan pengumuman yang terpasang di dinding masjid bagian luar. Bukan masalah bentuk papan nya atau ukuran si papan pengumuman tersebut, melainkan adanya beberapa info tentang para mualaf yang telah bersyahadat di Masjid Suci. Saya belum pernah menemui papan pengumuman yang seperti ini di masjid-masjid lainnya. Sebuah papan pengumuman yang cukup unik bukan?

Papan Pengumuman Papan Pengumuman

Adress :
Jl Pulau Buru 42. Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat. Denpasar 80113 Bali
Telp :
(0361) 263881

vote data
comments powered by Disqus