Masjid Raya Ukhuwah, Denpasar

Masjid Raya Ukhuwah Tampak Depan Masjid Raya Ukhuwah Tampak Depan

Ramadhan tahun ini Bunda mengajak Kheiza untuk sholat terawih di Masjid Raya Ukhuwah. Masjid Raya Ukhuwah terletak di tepi jalan Sulawesi yang menjadi salah satu pusat ekonomi bisnis di Denpasar. Masjid dengan dua lantai ini memiliki kemampuan pengelolaan dana operasional yang sangat baik.

Tampak dengan adanya berbagai usaha bisnis yang telah dikelola oleh Yayasan Ukhuwah. Usaha-usaha tersebut meliputi usaha di bidang pendidikan dan perdagangan. Di sektor pendidikan, Yayasan Ukhuwah ini telah memiliki sekolah taman kanak-kanak yang telah lama dikelola. Selain itu Masjid Raya Ukhuwah juga memiliki beberapa toko yang mereka sewakan kepada para pedagang disana.

Masjid Raya Ukhuwah Masjid Raya Ukhuwah

Masjid di Bali ini memiliki dua akses pintu masuk. Pintu masuk utama berada di jalan Kalimantan sedangkan pintu masuk lainnya berada di jalan raya Hasanuddin. Karena letaknya yang berada di tepi jalan raya, sehingga area parkir di Masjid Raya Ukhuwah ini sangatlah sedikit. Bangunan masjid ini pun tidak memiliki halaman yang dapat dijadikan area parkir.

Tempat wudhu pria Tempat Wudhu Pria
Tempat wudhu wanita Tempat wudhu wanita

Masuk ke area masjid, kamu akan menemukan tempat wudhu pria dan wanita terpisah dan berada di dalam bangunan masjid tersebut. Area sholat jama’ah wanita berada di lantai dua setelah kita menaiki tangga dari tempat wudhu wanita. Sedangkan untuk jama’ah pria terdapat di lantai satu dan dua.

Sama seperti Masjid An Nur Denpasar, mimbar masjid ini berada di lantai dua dan area sholat antara pria dan wanita telah dibatasi oleh pembatas dinding berkaca hitam.

Area Sholat Lantai Satu Area Sholat Lantai Satu
Area Sholat Pria di Lantai Dua Area Sholat Pria di Lantai Dua
Area Sholat Wanita di Lantai Dua Area Sholat Wanita di Lantai Dua

Yang perlu digarisbawahi, Imam sholat waktu itu memimpin sholat dengan bacaan yang sangat bagus. Materi yang disampaikannya saat berceramah pun sangat berbobot, mudah dimengerti dan terkesan tidak menggurui. Sepertinya ramadhan tahun depan Bunda akan ajak Kheiza lagi untuk sholat terawih di Masjid Raya Ukhuwah dan semoga kita semua dipertemukan lagi dengan Ramadhan berikutnya, Amin…

Adress :
Jl. Kalimantan No.19, Dusun Titih Kelod, Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat-Bali. Kode Pos 80112

vote data
comments powered by Disqus