Masjid Al-Ikhlas, Ngurah Rai

Pintu gerbang masjid

Salah satu masjid di bali yang paling dekat dengan bandara Internasional Ngurah Rai adalah masjid Al Ikhlas ini. Masjid ini masih dalam satu komplek area bandara itu sendiri (di depan pintu masuk bandara). Masjid yang memiliki desain sangat unik dari segi bangunan arsitek nya ini juga menggelar sholat jum’at dan sholat hari raya setiap tahun nya.

Halaman depan masjid

Masjid ini telah mengalami renovasi desain yang jauh berbeda dari bangunan awalnya. Tampak bagunan sekarang yang sangat apik dan modern. Bentuk masjid sekarang yang lebih menyerupai bentuk kubus sangat tidak umum jika dibandingkan dengan bentuk masjid yang ada di Indonesia. Namun tidak mengurangi dari fungsi dan keguna’an masjid itu sendiri sebagai tempat beribadah umat muslim.

Kheiza bergaya

Tampak hamparan rumput yang hijau mengelilingi halaman masjid ini, sehingga menimbulkan kesan asri dan sejuk. Di halaman bangunan luar juga terdapat kolam ikan kecil yang mengelilingi setiap bangunan masjid ini.

Kolam penuh ikan

Masih di sekitar halaman masjid, terdapat bangku-bagku taman serta rak kayu yang bisa digunakan untuk tempat penyimpanan. Untuk tempat wudhu berada di sisi kanan dari bangku taman. Walaupun tempat wudhu bagi wanita sudah tertutup dan bersih, tetapi ruangan nya sangat kecil dan kurang luas. Hanya ada 2 kran untuk berwudhu dan 2 kamar mandi di dalamnya.

Rak penitipan sandal dan sepatu

Jalan ke tempat wudhu

Masuk kedalam masjid kita akan menemui rak kaca tempat rukuh, sarung, sajadah serta baju kokoh untuk sholat. Terdapat Al Qur’an juga di dalam nya. Semua tertata rapi dan bersih. Tempat sholat untuk wanita dan pria berada dalam satu ruangan utama masjid. Karena masjid ini hanya memiliki satu lantai saja.

Baju-baju bergantungan

Untuk tempat sholat pria berada di depan ruang utama ini sedangkan untuk tempat sholat wanita berada di sebelah kiri dari pintu masuk masjid. Antara tempat sholat pria dan tempat sholat wanita sudah dibatasi dengan papan penyekat yang dipasang keliling.

Kenyamanan dan keasrian masjid ini membuat kita bisa betah berlama-lama di dalam nya. Asal tidak untuk dibuat “ibadah tidur” aja yaaa. hehehe.

Area sholat pria

Area sholat wanita

Adress :
Jl. Baucau, Komplek Bandara Ngurah Rai. Tuban, Kuta. Kab. Badung

vote data
comments powered by Disqus