Masjid Al Hidayah Bedugul

Masjid Al Hidayah Tampak Depan Masjid Al Hidayah Tampak Depan

Bagi umat muslim yang berwisata ke Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, jangan lupa yak untuk singgah sholat di Masjid Al Hidayah ini. Masjid Al Hidayah berada di jalan Candikuning, sehingga masyarakat disana sering juga menyebutnya dengan Masjid Candi Kuning. Masjid yang letaknya berseberangan dengan Danau Beratan tempat wisata populer di Bedugul ini, memiliki halaman masjid yang cukup luas dan bangunan yang cukup megah, sehingga tak salah jika Masjid Al Hidayah selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan muslim yang hendak melakukan sholat.

Gapura Masjid
Gapura Masjid Besar Al Hidayah

Karena letak Masjid Al Hidayah berada di atas lereng bukit, maka untuk menuju ke area Masjid Al Hidayah kamu harus menaiki anak tangga yang cukup panjang dan tinggi. Sebelumnya kamu akan disambut dengan gapura bertuliskan Masjid Besar Al Hidayah yang berada di tangga masuk pertama dari masjid ini. Masjid Al Hidayah memiliki tempat wudhu di dalam dan di luar area masjid. Air disini sangat dingin, apalagi jika kamu berwudhu di tempat wudhu luar yang letaknya dekat dengan tangga masuk masjid. Hawa dinginya akan sangat terasa sekali.

Tempat Wudhu Area Luar Tempat Wudhu di Area Luar

Pelataran Masjid Pelataran Masjid Al Hidayah

Masuk ke pelataran masjid, kamu akan melihat bangunan Masjid Al Hidayah yang cukup megah dan apik. Masjid berlantai dua ini telah mengalami renovasi dari sebelumnya, sehingga kondisi bangunan masjid masih sangat bersih dan terawat. Tempat wudhu yang ada di dalam bangunan Masjid Al Hidayah telah terpisah dan letaknya berseberangan. Mimbar dan tempat sholat berada di lantai pertama. Ada sekat pemisah antara tempat sholat pria dan tempat sholat wanita di lantai pertama. Terdapat juga bedug yang letaknya di depan pintu masuk utama.

Tempat Wudhu Dalam Masjid Tempat Wudhu di Dalam Masjid

Mimbar Lantai Satu Mimbar Lantai Satu

Selain bangunan masjid yang kokoh dengan arsitekturnya yang bagus, Masjid Al Hidayah juga menyuguhkan panorama indah yang bisa kamu lihat dari pelataran masjid. Disini, keelokan Danau Beratan dengan kabut tipisnya terlihat sangat jelas dan indah. Begitu juga dengan Pura Ulun Danu yang berada di tengah danau. Tak sedikit para jamaah yang sholat disini mengabadikan fotonya dengan background panorama Danau Beratan. Dengan suasana yang sejuk, udara yang dingin serta pemandangannya yang indah, menjadikan Masjid Al Hidayah sebagai masjid favorit di daerah wisata Bedugul.

Danau Beratan dari atas Masjid Danau Beratan Tampak dari Pelataran Masjid

Adress :
Jl Candikuning - Bedugul - Baturiti Kabupaten Tabanan 82191 BALI

vote data
comments powered by Disqus