Masjid Agung Bangli

Masjid Agung Bangli Tampak Depan Masjid Agung Bangli Tampak Depan

Di kabupaten Bangli, tepat di jalan Lettu Lila ada sebuah bangunan masjid bertingkat dua yang tampak apik dan bersih. Bangunan masjid itu bernama Masjid Agung Bangli. Masjid ini berseberangan dengan Polres Bangli. Kemarin, setelah puas berjalan-jalan di desa adat Penglipuran, saat memasuki ashar tujuan selanjutnya adalah mencari masjid yang terdekat untuk istirahat sejenak dan melakukan sholat ashar. Ternyata masjid yang terdekat dari Penglipuran ini adalah Masjid Agung Bangli.

Masjid Agung Bangli Masjid Agung Bangli

Masjid Agung Bangli berdiri pada tahun 1981, dengan luas bangunan sekitar 574 m2 dan luas tanah sekitar 1.300 m2. Bangunan masjid ini agak menjorok turun kebawah. Bangunan utama Masjid Agung Bangli terdiri dari dua lantai sedangkan bangunan lainnya ada di area halaman belakang Masjid Agung Bangli.

Undakan Tangga Masjid
Undakan Tangga Masjid

Tempat wudhu pria berada di dalam bangunan Masjid Agung Bangli, sayangnya untuk tempat wudhu wanita berada di luar area masjid yang terbuka. Pastinya untuk wanita, wudhu jadi berasa tidak nyaman karena di tempat terbuka seperti ini.

Tempat wudhu wanita Tempat Wudhu Wanita
Tempat wudhu pria Tempat Wudhu Pria

Lantai pertama bangunan Masjid Agung Bangli dibagi menjadi dua area sholat. Sisi kanan untuk area sholat pria dan sisi kiri untuk area sholat wanita. Untuk lantai dua selain untuk area sholat disini juga digunakan sebagai tempat belajar mengajar Al Qur’an (TPA). Tampak adanya meja-meja panjang yang berjajar rapi beserta papan tulisnya.

Area Sholat Pria di Lantai Satu Area Sholat Pria di Lantai Satu
Area Sholat Wanita di Lantai Satu Area Sholat Wanita di Lantai Satu
Area Sholat dan TPQ di Lantai Dua Area Sholat dan TPQ di Lantai Dua

Jika kamu turun ke bawah, di halaman belakang Masjid Agung Bangli ada sebuah bangunan sekolah Taman Kanak-Kanak lengkap dengan area bermain. Ada juga kantor sekretariat yang tak berada jauh dari sekolah TK tersebut. Untuk kamar mandi dan toilet, letaknya ada disebelah bangunan TK. Kamu harus menuruni anak-anak tangga lagi untuk menuju ke sini.

Sekolah TK Sekolah TK
Kantor Sekretariat Kantor Sekretariat

Memang sangatlah nyaman berada di dalam masjid ini. Suasananya sejuk dan rapi. Walaupun cuaca saat itu sangatlah panas, tetapi tidak lagi terasa saat kita sudah memasuki bangunan masjid. Jadi buat kamu yang sudah mampir menikmati desa adat Penglipuran, jangan lupa sempatkan waktu sholatmu di Masjid Agung Bangli ini.

Adress :
Jl. Lettu Lila 5 Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

vote data
comments powered by Disqus